17 Cara Menjinakkan Sugar Glider Bagi Pemula

Sugar glider adalah salah satu jenis hewan peliharaan yang membutuhkan usaha cukup ekstra supaya dia bisa jinak dengan pemiliknya. Kunci menjinakkan sugar glider, mau tidak mau adalah kesabaran kita karena proses penjinakan itu bisa memakan waktu sampai hitungan minggu bahkan mungkin berbulan-bulan.

Penjinakan biasanya juga disebut dengan bonding. Bonding berarti terikat, yang artinya adalah sugar glider sudah memiliki ikutan yang kuat pada pemiliknya. Contohnya, sugar glider datang apabila dipanggil, selalu lompat pada pemiliknya jika dia berada jauh dari pemiliknya, hafal dengan bau badan pemiliknya dan tidak pernah crabbing (mengeluarkan suara seperti terompet) apabila dipegang atau dibawa ke mana-mana oleh si pemiliknya.

Sugar glider yang jinak berarti sugar glider tersebut tidak akan lagi menggigit atau lompat dan kabur apabila didekati oleh para pemiliknya. Masalah penjinakan ini mau tidak mau juga erat kaitannya dengan kapan kamu menjinakkannya dan umur sugar glider yang kamu miliki. Pada umumnya tentu saja lebih cepat dan mudah melakukan cara menjinakkan sugar glider pada sugar glider yang masih muda yang biasanya disebut dengan sugar glider joey dengan satu setengah sampai dua bulan. Sementara itu sugar glider yang berusia tiga bulan ke atas cenderung lebih susah untuk dijinakkan karena lebih tua dan lebih banyak pengalamannya di dunia luar. Akan tetapi bukan berarti tidak bisa dijinakkan.

Lalu bagaimana cara menjinakkan sugar glider yang bisa kamu lakukan untuk menjinakkan sugar glider yang kamu pelihara saat ini? Berikut ini adalah beberapa cara menjinakkan sugar glider yang bisa kamu lakukan mulai saat ini juga.

 

1.Mengajak bermain setiap hari

Salah satu cara untuk menjinakkan binatang yang satu ini adalah dengan cara mengajaknya bermain setiap hari setelah ia agak jinak denganmu. Dengan mengajaknya bermain setiap hari dan membelainya dengan lembut kamu bisa mempercepat penjinakan sugar glider yang kamu miliki.

 

2.Memberi makan dengan tangan atau handfeed

Langkah berikutnya untuk menjinakkan sugar glider yang kamu miliki adalah dengan cara memberinya makan dengan tangan atau melakukan handfeed. Hal ini perlu kamu lakukan agar sugar glider bisa menaruh kepercayaannya padamu. Dengan membantunya makan, kamu bisa mendapatkan kepercayaan dari sugar glider dengan mudah dan cepat.

Apabila kamu baru saja membeli sugar glider, ada baiknya kalau kamu mendiamkannya terlebih dahulu di dalam kandang selama kurang lebih tiga hari supaya dia bisa beradaptasi dengan lingkungan baru dan tidak perlu dihandfeed terlebih dahulu. Apabila tiga hari sudah berlalu, jika sudah, sekarang mulai menjinakkan sugar glider dengan cara handfeed.

Lakukanlah handfeed dengan pelan-pelan, jangan melakukan handfeed dengan cepat karena hal itu menyulitkan sugar glidermu. Supaya dia mau makan, batasi tiap suapan hanya dengan porsi yang kecil, sekitar dua sampai tiga sendok bubur. Lakukan penyuapan ini tiap siang atau sore hari ya. Tidak perlu takut dengan crabbing, karena kamu bisa mengatasinya dengan cara mencolekkan bubur dengan jari lalu berikan ke mulutnya secara perlahan. Lakukan dengan posisi jari dibalik, yaitu posisi kuku jarimu berada dibawah agar aman dari gigitannya.

Jangan pernah menarik tanganmu ketika dia tiba-tiba crabbing, karena hal itu hanya akan membuatnya hafal cara untuk mengusirmu ketika dia tidak mau disuapi.

 

3.Meletakkan kandang di tempat yang dilewati oleh banyak orang

Langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan supaya sugar glidermu cepat akrab dan jinak adalah dengan meletakkan kandangnya di tempat yang sering dilewati oleh orang. Hal ini perlu dilakukan untuk membiasakan sugar glider dengan keberadaan manusia di sekitar lingkungannya. Logikanya, semakin sering sugar glider melihat manusia, maka akan semakin cepat dia terbiasa dan tidak takut dengan manusia. Akan tetapi kamu harus memastikan bahwa manusia yang lewat di sekitar kandang tidak mengganggu sugar glider seperti misalnya meniupi, mengagetkan, mengguncangkan kandang, dan lain sebagainya. Jangan sampai pula kandangnya terganggu dengan kehadiran hewan yang lain.

 

4.Membuatnya hafal dengan baru keringat badanmu

Cara menjinakkan sugar glider berikutnya adalah dengan cara membuatnya hafal dengan bau badan atau keringat yang dimiliki oleh para pemiliknya atau dalam kasusmu dengan bau badanmu sendiri. Hal ini perlu dilakukan karena sugar glider termasuk hewan teritorial yang menandai wilayah atau sesuatu yang ia kenal dengan bau.

Bagaimana caranya supaya dia bisa cepat hafal dengan bau badanmu? Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Pertama adalah dengan cara meletakkan baju atau kain lainnya yang mempunyai bau keringat selama proses penjinakan ke dalam kandang. Hal tersebut akan membuat sugar glider mudah menciumnya dan membuat proses menjinakkan sugar glider bisa kamu lakukan dengan cepat karena bisa terbiasa dengan bau keringat atau bau badanmu tanpa perlu kamu melakukan aktivitas tertentu.

Jangan lupa untuk mengganti baju bekas atau kain yang digunakan kurang lebih satu kali per hari supaya tidak tumbuh bakteri dan jamur pada kaosmu tersebut. Selain itu, kamu juga bisa membiasakannya dengan baumu dengan cara selalu membawanya ke mana-mana dengan kandang, sehingga dia tidak akan bisa lari dan akan selalu mencium baumu saat kamu membawanya.

 

5.Memilih waktu yang tepat untuk menjinakkan

Menjinakkan sugar glider membutuhkan persiapan yang matang. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara memilih waktu penjinakan di siang hari. Mengapa saat siang hari? Hal itu perlu dilakukan karena pada saat itulah biasanya sugar glider sedang lelah dan mengantuk, sehingga sugar glider akan lebih cenderung diam dan tidur. Bilapun dia menggigit, kekuatannya tidak akan sama seperti kekuatan gigitannya di waktu di malam hari. Bahkan bisa jadi sugar glidermu tidak akan sadar ketika kamu membuatnya tidur di pangkuanmu.

Melakukan penjinakan di malam hari juga bisa, hanya saja lebih menyulitkan karena sugar glider biasanya lebih aktif. Waktu adalah kunci dalam memelihara sugar glider.

 

6.Membuatnya memiliki kebiasaan

Sugar glider termasuk hewan yang memiliki daya ingat yang tinggi. Kamu bisa melatihnya dan membiasakan suatu tindakan tertentu pada sugar glidermu. Misalnya, membiasakan memasukkan dirinya ke dalam kantong baju, maka lama-lama di akan terbiasa dengan kegiatan tersebut. Selain itu apabila dia sering dikagetkan, lama kelamaan dia tidak akan mudah kaget kaget, dengan syarat dia sudah lebih jinak sedikit. Cobalah untuk sering mengekepnya dengan tangan, supaya lama kelamaan dia akan diam di tangan.

 

7.Melakukan pendekatan pada sugar glider

Menjinakkan sugar glider, mutlak caranya harus dengan melakukan pendekatan. Ibarat pepatah, tak kenal maka tak sayang, maka untuk bisa sayang kamu harus bisa membuatnya mengenal dirimu secara perlahan. Caranya pun cukup sederhana, hanya dibutuhkan tekad dan kesabaran yang kuat.

Apabila kamu baru saja membeli sugar glider, maka ada baiknya kamu mendiamkannya selama dua sampai tiga hari terlebih dahulu agar sugar glider yang kamu beli bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Setelah dia beradaptasi secara sekilas, kamu bisa melakukan pendekatan dengan cara membelai kepalanya pelan-pelan meskipun dia crabbing. Jangan takut bila itu terjadi, tetaplah membelainya karena semakin kamu takut dia justru akan semakin menganggapmu sebagai musuhnya. Jangan lupa pula untuk meletakkan kandang di tempat yang banyak dilalui oleh manusia, seperti misalnya pintu dapur, kamar, ruang tamu atau kainnya, terutama pada bagian yang sering kamu lalui agar dia bisa lebih cepat mengenal aktivitas manusia.

Tapi jangan sampai orang-orang yang lewat disekitar kandangnya malah menakut-nakuti SG, entah itu dengan mengguncangkan kandangnya, mengganggu atau mengagetinya, jika itu dilakukan justru malah akan membuatnya semakin takut terhadap manusia.

 

8.Sering menggigitkan jari ke mulutnya

Cara untuk menjinakkan sugar glider berikutnya adalah dengan cara sering menggigitkan jarimu ke dalam mulutnya. Memang sih, cara ini lebih ekstrem dan membutuhkan nyali serta harus tega. Tetapi banyak orang yang melakukan cara ini untuk menjinakkan sugar glider yang mereka miliki. Caranya cukup sederhana, kamu hanya perlu menggenggam sugar glider dengan tangan kanan atau kirimu, pada bagian leher sampai badan dengan posisi jempol tangan di bawah leher sugar glider dengan erat agar dia tidak mudah lepas. Setelah itu sodorkan jempol tanganmu yang lain dengan posisi kuku di bawah (kuku menghadap bagian bawah mulut sugar glider) dan tahan sampai kurang lebih dua sampai tiga menit. Lakukan hal tersebut sembari ditiup-tiup kecil dan diulangi setiap hari minimal dua jam, maka dalam jangka waktu beberapa hari ke depan dia bisa jinak. Akan tetapi tentu saja hal ini juga dipengaruhi oleh banyak hal seperti usia sugar glider dan lain sebagainya.

 

9.Meletakkan pakaian bekas di kandang

Seperti yang telah dibilang sebelumnya, sugar glider merupakan seorang binatang teritorial yang menandai wilayah kekuasaannya dengan bau-bauan. Untuk mempercepat proses penjinakan maka kamu bisa menaruh pakaian bekasmu di dalam kandang sugar glider supaya dia mengenal kita sebagai ‘tuan’ atas wilayah tersebut dan menjadi pemiliknya. Bila diperlukan kamu bisa menggunakan pakaian yang habis dipakai dan berbau keringat supaya baunya lebih kuat.

Selain itu, kamu juga bisa membuat alas tidur si sugar glider dengan pakaian yang kamu miliki supaya dia selalu bisa mencium bau kita setiap saat. Jangan lupa untuk mengganti baju bekas yang kamu gunakan setiap hari agar tidak berjamur dan malah mendatangkan penyakit padanya.

 

10.Memberikan nama pada sugar glider dan sering memanggilnya

Langkah untuk menjinakkan sugar glider berikutnya yang bisa kamu coba adalah dengan cara memberikan nama padanya lalu sering-sering memanggilnya dengan nama tersebut supaya dia hafal dengan nama pemberianmu dan akhirnya mengetahui bahwa kamu adalah orang yang sering memanggilnya dengan nama tersebut.

Cara Lainnya

Selain sepuluh langkah di atas, langkah lain yang bisa kamu gunakan sebagai cara menjinakkan sugar glider adalah sebagai berikut.

    • Memandikan sugar glider dengan tisu basah
    • Tetap konsisten menjinakkan sugar glider
    • Membiasakan sugar glider dengan genggaman tanganmu
    • Mengajak sugar glider sering jalan-jalan
    • Memilih waktu penjinakan sesuai dengan kebiasaan sugar glider
    • Membiasakan sugar glider dengan teknik tangan terbalik
    • Mengenali sugar glider agar bisa mencari mana yang paling baik untuk menjinakkannya.

Baca Juga: Penyakit Pada Sugar Glider

17 Cara Menjinakkan Sugar Glider Bagi Pemula | Lesung | 4.5
%d blogger menyukai ini: