Cara Mengembangbiakkan Sugar Glider

 

Mengembangbiakan Sugar Glider itu gampang-gampang susah dan tidak bisa dipaksakan, nah disini saya mau sharing pengalaman pribadi dalam cara mengembang biakan sugar glider.

langsung aja yaa!

 

1.MEMILIH INDUKAN

Pertama-tama yang kita siapkan adalah Sugar Glider jantan dan betina yang sudah siap produksi. Bagaimana tandanya? Tandanya sugar glider sudah siap produksi dan matang organ produksinya bisa dilihat dari beberapa ciri berikut:

Untuk sugar glider betina biasanya berumur lebih dari 5 bulan (lebih tua lebih bagus).

Untuk jantan 7 bulanan. Ada juga yang sudah siap di bawah itu, tetapi untuk hasil yang lebih baik saya sarankan gunakan Sugar Glider yang sudah cukup umur (7 bulan ke atas).

 

2.SATUKAN DI DALAM KANDANG (PERKAWINAN)

Setelah itu cukup satukan Sugar Glider dalam satu kandang. eittts! jangan asal disatukan yaa bisa – bisa nanti berantem loh! cara menyatukan Sugar Glider adalah dengan memasukan Sugar Glider Betina ke dalam Pouch, nah lalu masukan Pouch yang berisi Sugar Glider betina ke dalam kandang Si Jantan, Biarkan mereka saling mengenal, jika kamu rasa Tidak ada perlawanan baru kamu bisa satukan keduanya, tapi tetap harus kamu pantau yaa!

nah jika kamu merasa baik-baik saja, nanti juga mereka akan kawin dengan sendirinya tanpa kita suruh.

Sugar Glider akan mengandung setelah kurang lebih 2 minggu sesudah perkawinan. Tandanya sugar glider hamil? Saya rasa sulit melihatnya karena ukuran anaknya yang kecil.

 

3.MELAHIRKAN

Setelah 2 minggu setelah Perkawinan, Sugar Glider biasanya akan IP(In Pouch) proses ini adalah Anak(joey) yang baru saja Lahir dari rahim induknya langsung dimasukan ke katung induknya, IP ditandai dengan Membesarnya Kantung si Betina dan sibetina Terlihat sering menjilati kantungnya. nah IP ini membutuhkan waktu yang sangat lama, Kurang – lebih dua bulan.

pada saat proses IP Asupan untuk si induk juga harus dijaga nih, Mulai dari pemberian vitamin dan protein yang seimbang, agar si induk tidak Memakan Joeynya (anaknya).

oh yaa.. Usahakan agar Siinduk tidak stress yaa! karena jika dia Stress sedikit saja dia bisa Meriject (Menelantarkan) Joeynya, ini bisa berakibat kematian.

 

4.OOP (OUT OF POUCH)

Nah… Setelah melewati proses IP, tiba saatnya Si Joey yang berada dikantung Induknya, akan mulai keluar dari kantung induknya, karena sudah tidak muat lagi di kantung induknya.
oh yaaa, keadaan Joey yang baru OOP masih belum bisa Melakukan apapun yaa, dia masih dijaga dan menyusu pada induknya.

Biasanya, 10 Hari setelah OOP si Joey ini akan Mulai membuka matanya untuk pertama kali, dan sudah mulai merangkak.

setelah Kurang lebih sebulan si Joey sudah bisa berjalan kesana-kemari (belum bisa lompat) dan biasanya di usia ini mereka sudah bisa makan sendiri, tapi tetap saja masih belum boleh dipisah dengan induknnya, karena masih nyusu.
sekitar umur satu setengah Bulan lebih si Joey baru boleh dipisah dengan indukannya, karena biasanya si Induknya sudah mulai Kawin lagi.

nah, itu semua adalah cara mengembangbiakkan Sugar Glider, yang saya pribadi sudah sering melakukannya.
cukup sampai disini dulu ya pembahasannya, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Tips Menghandle dan Melatih Sugar Glider Agar Cepat Bonding

Cara Mengembangbiakkan Sugar Glider | Lesung | 4.5
%d blogger menyukai ini: