Penyakit Asma Kucing, Serta Pengobatannya

Macam-macam penyakit pada kucing dan penanganannya menjadi bagian penting dari pengetahuan yang perlu dipahami pada penghobi kucing. penyakit yang umum ditemui pada kucing antara lain adalah asma kucing, cacing jantung, feline calicivirus, feline immunodeficiency virus, feline infectious peritonitis, feline leukemia virus, jerawat kucing, kurap pada kucing, penyakit saluran kencing bagian bawah pada kucing, rabies, toksokariasis dan toksoplasmosis.

Asma kucing, penyebab dan pengobatannya

Asma kucing adalah penyakit pernapasan alergi yang umum terjadi pada kucing. Penyakit ini telah mempengaruhi otak setidaknya 1% dari semua kucing dewasa di seluruh dunia.

Asma kucing adalah penyakit progresif kronis yang ada obatnya. Gejala umumnya meliputi mengi, batuk, sesak napas dan bronkokonstriksi yang berpotensi mengancam nyawa. Ada dugaan bahwa penyakit ini menjadi lebih umum karena meningkatnya paparan polutan industri.

Tanda dan gejala asma kucing

Asma kucing terjadi karena ada radang paru-paru. Selama terjadi serangan pada paru-paru, paru-paru akan menebal dan menyempit sehingga menyebabkan kucing sulit bernapas. Pada saat demikian, ada lendir yang dikeluarkan oleh paru-paru ke dalam saluran pernapasan sehingga menyebabkan kucing batuk dan mengi.

Tanda-tanda jelas bahwa kucing mengalami serangan pernapasan adalah:

  • Batuk
  • Mengi
  • Bersin
  • Bibir dan gusi berubah warna menjadi biru
  • Sering jongkok dengan bahu membungkuk dan leher diperpanjang
  • Sering bernapas dengan mulut terbuka atau megap-megap
  • Tersedak lendir berbusa dan kelemahan secara keseluruhan
  • Nafsu makan menurun/ hanya makan sedikit
  • Kucing terlihat lemah
  • Kucing terlihat lesu

Studi menunjukkan kucing berumur antara 2-8 tahun memiliki risiko terbesar terkena penyakit pernapasan. Kerentanan sakit juga dipengaruhi oleh kondisi fisik berdasar ras. Kucing ras Siamese, ras Himalaya dan ras campuran lebih rentan terhadap asma. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa lebih banyak kucing betina yang terkena asma daripada kucing jantan.

Pengobatan penyakit asma / sesak napas pada kucing

Jika kucing Anda menunjukkan gejala-gejala seperti di atas, maka langkah terbaik adalah membawa kucing ke klinik kesehatan hewan terdekat. Jika yang terjadi adalah asma akut maka perawatan darurat mungkin diperlukan sampai masa krisis berlalu.

Dalam kondisi asma akut, pemberian terapi oksigen akan sangat membantu untuk mengatasi masalah ini termasuk pemberian obat darurat untuk membuka saluran pernafasan kucing. Penyempitan pada organ pernapasan sering disertai adanya pembengkakan saluran tersebut yang akan menyebabkan dokter hewan memberikan obat untuk mengurangi pembengkakan agar kucing dapat bernafas dengan normal.

Pemberian obat steroid dan obat-obatan anti-inflamasi sangat dianjurkan untuk mengobati asma dan sesak nafas pada kucing.

Biasanya, setelah masa darurat berlalu, dokter hewan akan membuat rencana pengobatan di masa depan. Untuk beberapa kucing, menghilangkan faktor penyebab asma adalah sangat diperlukan agar kejadian serupa tidak terulang di masa-masa mendatang. Penyakit ini dapat bersifat progresif di alam sehingga jika kucing Anda memiliki masalah bronkial kronis, dokter hewan Anda akan menyarankan terapi medis jangka panjang.

Pencegahan penyakit asma kucing

Tata dan ubah lingkungan rumah sehingga kucing tidak terserang asma atau sesak nafas. Dalam kasus ini, hindari penyegar udara, termasuk paparan asap rokok di dalam ruangan, semprotan kimia dan kotoran kucing yang terlalu halus.

Pada saat yang sama perlu diperhatikan kondisi makanan kucing. Sebab bisa jadi ada beberapa bahan makanan yang harus dijauhkan seperti bahan-bahan yang ditambahkan ke beberapa makanan kucing atau makanan tabel.

Tanyakan kepada dokter hewan mengenai makanan yang tepat untuk kucing Anda dan membantu Anda dalam merencanakan diet jangka panjang. Dalam kasus asma kronis, kita harus siap untuk melakukan perawatan seumur hidup kucing yang terkena asma.

Perlu diingat bahwa penyakit asma dapat kambuh secara cepat dan dapat menyebabkan kematian kucing yang karenanya perlu segera diobati.

Penyakit Asma Kucing, Serta Pengobatannya | Lesung | 4.5
%d blogger menyukai ini: