Penyakit Yang Sering Dialami Pada Sugar Glider

Halooo, apa kabarnya nih Sugar Glider Lovers?
kali ini saya mau bahas penyakit apa aja sih yang sering di alami Sugar Glider.
Jujur, sampai saat ini allhamdulillah Sugar Glider saya di rumah, belum pernah menderita penyakit apapun, karena saya selalu merawat mereka dengan penuh kasih sayang, hahaha.
Nah langsung aja:

 

1.DIARE

nah ini penyakit yang sering dialami para Sugar Glider lovers, penyakit diare ini adalah pencernaan yang kurang baik pada Sugar Glider, biasanya akibat Salah pemberian pada makanan atau minuman.

Hati-hati! Diare yang berkepanjangan bisa mengakibatkan kematian Loh!

Maka dari itu kita harus memperhatikan asupan pada Sugar Glider kita, jangan asal dalam memberi makanan atau minuman.

 

2.HAIRLOSS

Hairloss adalah penyakit Sugar Glider yang ditandai dengan rontoknya bulu pada tubuh sugar glider. Hairloss biasanya disebabkan oleh ketidak seimbangan nutrisi, stress, kondisi kandang yang kotor.
Cara penangananya , kita harus sering membersihkan kadang Sugar Glider Minimal 3 Hari Sekali, kalo gue pribadi, gue selalu membersihkannya.

 

3.KAKI BENGKAK

Kaki Bengkak pada sugar glider biasanya disebabkan oleh infeksi akibat bakteri yang masuk ke dalam luka fisik di kaki atau masuk dari celah kuku sugar glider.
Pada kasus kaki bengkak yang parah, sugar glider yang menderita bengkak kaki akan stress dan self mutilation (memakan diri sendiri).

 

 

4.SAKIT MATA

Penyebab mata bengkak dan berair pada sugar glider biasanya dikarenakan kondisi kandang yang kotor. Kondisi kandang yang kotor menyebabkan masuknya bakteri dan jamur serta kuman ke dalam mata yang menyebabkan mata berair dan timbulnya rasa gatal.

Hal ini bisa berakibat fatal jika kemudian sugar glider menggaruk matanya yang gatal. Luka akibat garukan pada mata biasanya akan menyebabkan kebutaan.

maka dari itu kita harus cepat mengambil tindakan jika Sugar Glider Kita menderita penyakit ini.

Tapi Sakit Mata Pada Sugar Glider masih bisa diobati kok, dengan memberinya obat tetes mata Khusus untuk hewan.

 

 

5.KATARAK

Penyakit katarak pada sugar glider disebabkan oleh asupan lemak yang terlalu tinggi pada makanan sugar glider serta asupan gizi yang tidak seimbang. Penyakit ini ditandai dengan munculnya bintik putih di mata sugar glider. Pada kasus katarak yang parah, mata sugar glider bisa sepenuhnya berwarna putih dan sugar glider akan mengalami kebutaan.

nah.. pada kasus katarak ini menurut saya sangat sulit untuk mengobatinya, tapi tips untuk mencegahnya sih menurut saya jangan terlalu banyak pemberian makanan berupa serangga.

 

 

6.HILD LEG PARALYSIS

Hild leg paralysis adalah penyakit kekurangan kalsium dan fospor pada sugar glider.
Ciri sugar glider yang terkena hild leg paralysis biasanya ditandai dengan penurunan bobot tubuh, nafsu makan kurang, serta kurang bergeraknya sugar glider.

Cara penanganannya : Dengan memberikan Vitamin tambahan untuk Sugar Glider yang menderita penyakit ini.

 

 

7.LUKA

penyakit ini sih bisa dibilang penyakit yang tidak terlalu fatal, tapi jika terus dibiarkan bisa bahaya juga sih, Luka juga banyak sebab dan akibatnya, tapi Luka yang sering terjadi adalah luka akibat perkawinan dan perkelahian.

  • Luka yang disebabkan pada perkawinan, biasanya terletak dibagian atas punggung si Betina, luka ini tidak cukup bahaya, tapi tetap harus diobati yah!

  • Luka  yang disebabkan karena perkelahian Sesama Sugar Glider, biasanya terjadi karena Sugar glider yang belum pernah kenal satu sama lain, itu langsung dicampur di dalam satu kandang, perlu kalian ingat karena sugar glider adalah hewan yang mempunyai kekuasaan teritorial, jika kalian terus membiarkan Sugar Glider kalian terus Berkelahi satu sama lain itu Juga bisa menyebabkan KEMATIAN!

 

 

sekian dulu deh yaa.. Artikel ini berguna untuk Sugar Glider lover yang masih belum mengetahui apa saja penyakit pada sugar glider.

Baca Juga: 17 Cara Menjinakkan Sugar Glider Bagi Pemula

Penyakit Yang Sering Dialami Pada Sugar Glider | Lesung | 4.5
%d blogger menyukai ini: